Ruang Jenasah Yang “Ramah”

Kamar-Jenazah-RS-Iskak-1Sebagian masyarakat langsung akan setuju jika bagian paling menyeramkan dari rumah sakit adalah ruang jenasah. Ruang penyimpanan jasad ini kerap digambarkan dengan ruangan gelap dan pengap, plus mayat membusuk akibat kecelakaan dan pembunuhan.

Namun jangan takut, gambaran tersebut tak akan kita jumpai di Instalasi Jenasah Rumah Sakit Umum Daerah Dr Iskak Tulungagung. Instalasi ini bahkan dilengkapi beberapa lemari es yang mampu menyimpan jasad dalam waktu lama tanpa mengeluarkan aroma busuk sama sekali. “Kita punya empat unit lemari es untuk menyimpan jenasah agar tetap baik,” kata Humas RSUD Dr Iskak Tulungagung Mohamad Rifai.

Sebuah kotak besi berukuran besar dengan empat pintu laci menjadi property khusus instalasi ini. Masing-masing laci yang memuat satu jenasah memiliki pengatur suhu yang bisa dikendalikan secara terpisah. Inilah lemari es yang diperuntukkan menyimpan jasad tak dikenal atau yang kerap disebut sebagai Mr X.

Kamar-Jenazah-RS-Iskak-2Selain menghindari bau busuk, lemari es ini juga menghapus kesan seram di ruang jenasah. Bentuknya yang menyerupai brankas penyimpanan benda berharga sangat jauh dari kesan lemari mayat seperti di rumah sakit lain.

Tak hanya lemari es, manajemen instalasi ini juga memperlakukan jasad korban kecelakaan atau kejahatan lebih “manusiawi”. Sebuah keranda berbahan plat dibuat khusus untuk membawa jenasah dari ruang perawatan tanpa menimbulkan pemandangan angker. “Keranda ini tertutup rapat dengan plat sehingga bentuk jenasahnya tak akan terlihat. Bentuk ini sekaligus memudahkan evakuasi jasad yang terpisah akibat kecelakaan,” terang Bogi, petugas instalasi jenasah.

Menurut Bogi, keranda khusus ini juga dilengkapi saluran pembuangan untuk mengalirkan darah yang merembes. Berbeda dengan keranda lain yang terbuka dan hanya tertutup kain, keranda ini akan sangat aman dan tidak akan membuat siapapun merinding meski membawa jasad yang rusak sekalipun.

“Kita berharap seluruh jasad bisa ditemukan keluarganya. Namun kalaupun tidak, kami pastikan kondisinya tetap baik di lemari es,” kata Rifai.

Kirim Pesan: