Waspadai 6 Bulan Kedepan Terkena Serangan Jantung

Foto-Serangan-Jantung-RS-ISkak-1Serangan jantung menjadi ancaman kematian tertinggi di Indonesia. Serangan ini berlangsung cepat dan tak memberi cukup waktu bagi dokter untuk memberi pertolongan medis. Celakanya, penyakit ini bisa mengancam siapa saja, tanpa memandang usia, berat badan, hingga status sosial.

Sejumlah ahli medis bersepakat bahwa serangan jantung memiliki karakteristik dibanding penyakit lain. Selain nyeri dada dan pusing, serangan iniĀ  hanya memberi waktu tak lebih dari 30 menit untuk melakukan pertolongan medis. Pendeknya waktu emas (gold period) untuk melakukan pertolongan inilah yang kerap membuat serangan jantung berakhir dengan kematian.

Sejumlah penelitian mendeteksi adanya tanda-tanda yang disampaikan tubuh sebelum serangan jantung terjadi. Bahkan tanda ini sudah muncul sejak enam bulan sebelum serangan terjadi, dan bisa dideteksi sendiri oleh masyarakat.

Berikut adalah enam tanda tersebut :

Sakit kepala ekstrim

Jika Anda pernah mengalami sakit kepala yang luar biasa, bisa jadi itu gejala serangan jantung. Sakit kepala yang dimaksud adalah terjadi terus menerus dan memicu tubuh cepat lelah. Jika mengalami ini, dianjurkan segera melakukan pemeriksaan di rumah sakit. Apalagi jika sakit kepala ini terjadi di saat Anda sudah melakukan aktivitas sehat seperti tidur malam cukup, makan teratur, dan tidak mudah lelah saat melakukan aktivitas fisik.

Gangguan pola tidur

Pola tidur yang tidak menentu bisa jadi tanda penyakit jantung. Gangguan pola tidur merupakan cara alam bawah sadar untuk memberitahu bahwa ada suatu hal yang tidak benar pada tubuh. Biasanya penderita akan sering terbangun di malam hari, buang air atau merasa haus sepanjang malam.

Gangguan pernafasan

Gangguan pernafasan bisa dipicu oleh terhambatnya aliran oksigen menuju jantung. Kurangnya pasokan oksigen ke jantung ini menyebabkan seseorang bernapas dengan ritme lebih pendek, dan menjadi gejala gangguan jantung.

Gangguan pencernaan

Tanda penyakit jantung lainnya ketika perut terasa bergejolak padahal tidak mengonsumsi makanan pedas atau asam.

Kesemutan

Saat jantung tidak menerima cukup oksigen akan berakibat fatal pada tulang belakang. Saat tulang belakang mengalami masalah, saraf yang menghubungkan jantung, tulang belakang dan tangan pun terganggu. Jika Anda merasa tangan mudah lemas atau sering kesemutan bisa jadi Anda terserang penyakit jantung.

Mudah cemas

Gejala yang kerap dikaitkan dengan persoalan psikis ini bisa jadi adalah tanda penyakit jantung. Segera temui dokter jika belakangan ini Anda merasa lebih mudah cemas bahkan untuk hal-hal kecil.

Serangan jantung dapat terjadi kapan saja saat peredaran daran dan oksigen menuju jantung terhambat. Otot-otot jantung mulai melemah dan akan berhenti bekerja karena kekurangan oksigen. Jika darah tidak segera mengaliri area tersebut maka akan berakibat fatal dan berujung pada kematian.

Penyakit jantung ini sebenarnya dapat dihindari dengan melakukan hal-hal sehat seperti diet, olahraga, rutin mengonsumsi suplemen mengandung zat besi serta makanan yang kaya akan lemak omega-3.

Kirim Pesan: