Goendala (Google Form Mengatasi Kendala)

Goendala (Google Form Mengatasi Kendala)

TIM Instalasi Pelayanan Sarana Rumah Sakit (IPS RS) di RSUD dr. Iskak memiliki terobosan luar biasa dalam upayanya meningkatkan standar mutu pelayanan di wilayah kerjanya.

Terobosan dimaksud adalah penggunaan aplikasi google form, google spreadsheet dan google data studio untuk mempermudah mekanisme perbaikan sarana dan prasarana rumah sakit. Baik itu yang berkaitan dengan sarana medis, nonmedis maupun sipil mekanik. Basis tiga aplikasi tersebut ada di google drive. Inovasi ini kemudian diberi nama GOENDALA. Google Form untuk Mengatasi Kendala. Aplikasi digital yang bersifat online atau dalam jaringan ini diadopsi oleh Kelompok Budaya Kerja (KBK) di IPS RS guna menggantikan model administrasi perbaikan sarana rumah sakit yang selama ini masih manual dan menggunakan kertas formulir yang sudah ketinggalan zaman.

Dengan adanya aplikasi Goendala ini, data dari user yang dikirim melalui google speadsheet akan diformulasikan dan divisualisasikan pada google data studio.

“Hasil visualisasi dari google data studio inilah yang (selanjutnya) digunakan untuk mengoptimalisasikan perbaikan sarana,” kata Kepala Instalasi Pemeliharaan Sarana (IPS) RSUD dr. Iskak, Kabib Abdullah, Amd. TEM.

Lokasi RSUD dr. Iskak